Langsung ke konten utama

Membuat Warna Duplicate Value di Google Spreadsheet

Google Spreadsheets salah satu pengolah angka dari google. Mirip seperti excel namun online dan bisa di edit bersamaan dengan pengguna lain yang telah memiliki izin edit.

Pasti buat yang sering memakai Ms. Excel dan Google Spreadsheets tau banyak hal yang bisa dilakukan di Ms. Excel namun tidak bisa dilakukan di Google Spreadsheets.

Salah satu yang terpenting adalah Conditional Formating -> Duplicate Value
yaitu cara agar bisa mendeteksi adanya duplikat data dalam 1 baris atau 1 kolom tertentu.

Untuk melakukan nya di google spreadsheets dengan cara ini :
Contoh kali ini adalah jika kalian ingin membuat conditional formating di 1 kolom A 

1. Pilih menu Format - Conditional Formating
2. Di "Text Contains" (or "Format cells if...") dropdown menu pilih "Custom formula is:", and write: =countif(A:A,A1)>1
3. Tambahkan format yang di inginkan. Misal nya warna cell dan lain lain 
4. Untuk Range tulis A1:A5000 misal nya.

Selesai.
apapun yang kalian tulis di A1:A5000 akan di cek dan jika terjadi duplikat data maka cell nya akan berwarna seperti yang sudah kalian pilih.


Semoga bermanfaat :)

Komentar

  1. sangat bermanfaaat suhuuuuuu,, terimaksih

    BalasHapus
  2. terima kasih

    BalasHapus
  3. hai kak , ku udah berhasil , tapi gimna caranya yaa supaya bukan di satu kolom aja . semisal nih saya nulis ARMADA di kolom A, trus saya nulis lagi ARMADA di kolom B . tapi tidak juga mendeteksi bahwa data sama .
    rumusnya gantu apa ya ?

    BalasHapus
  4. gk bisa diformat bersyarat

    BalasHapus

Posting Komentar

Budayakan berkomentar :)

Postingan populer dari blog ini

Membuat Format untuk NPWP di Excel

Nah , kalo jadi admin atau pegang data pasti butuh nih beginian . Cara nya gampang, Klik kanan -> Pilih Format Cells -> Pilih Tab Number -> Pilih Custom Tampilan nya begini     Ketik kan 00"."000"."000"."0"-"000"."000 di yang saya bulatkan. Klik OK  Jika sudah selesai coba kamu ketik NPWP kamu dan lihat hasil nya... TARAAAAAAA !! No 1 Menunjukan apa yang saya ketik. No 2 Menunjukan apa hasil yang di tampilkan dengan menggunakan format custom. Semoga membantu :) Follow @nopiarahayu

IMAX dan 4DX

IMAX itu salah satu teater di Cinema 21. Apa beda nya dengan teater yg lain ? Beda nya adalah layar lebih lebar, bening dan agak lebih cekung. Suara lebih bening. Pernah ke keong emas TMII ? yah kurang lebih seperti itu rasa nya. Saat posting ini di buat , IMAX hanya ada di dua tempat yaitu IMAX Kelapa gading dan IMAX Gandaria city. Tiket nonton IMAX beragam mulai dari Senin s/d Kamis Rp 60.000 Jumat Rp 75.000 Sabtu/Minggu/Libur Rp 100.000 IMAX ada yg 2D dan 3D tapi 2D dan 3D harga nya sama. Info lebih lanjut disini Gue udah mencoba IMAX Kelapa gading, layar di Kelapa gading itu lebih besar dari yg Gandaria city kalo di Kelapa gading tinggi 14 meter lebar 24 meter dengan kapasitas 539 kursi. Gak heran pintu masuk nya aja ada 2. Oh ya , fyi di teater IMAX ada yg nama nya "Best view" itu di baris "i" dan hanya untuk undangan. Oh , beruntung sekali mereka :D Saat itu nonton Riddick 2D sama pacar. Kita ambil seat H yg deket-deket best view gitu. Ra